Desa Sawarna Lebak – Banten adalah tempat yang memiliki keberagaman keindahan landscape seperti  hutan dengan berbagai macam tamanan langkanya, sungai dengan keunikannya, alam yang terbentang luas dari perbukitan landai, bukit karang – karang yang terjal, dataran rendah yang terlihat sejajar dengan garis pantai, pantai pasir putih, goa – goa, hutan tropis pantai, pantai yang berkarang laut serta adanya pelabuhan tradisional, semuanya merupakan potensi pariwisata yang dimiliki Sawarna yang sangat mengagumkan dan menakjubkan.

Pantai tanjung Layar Sawarna -  google image

Pantai tanjung Layar Sawarna – google image

Letak dan Posisi Pantai Sawarna berada di desa Sawarna, kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi  Banten.

Untuk sampai ke Sawarna anda bisa menggunakan jalur darat dari kota Serang – Malimping – Bayah  – Sawarna, alternatif kedua dari kota Serang – Rangkas Bitung – Gunung Kencana – Malimping – Bayah, alternatif ke tiga kota Bogor – Pelabuhan Ratu – Sawarna.

Baca Juga :

Sebelum sampai di desa Sawarna, di perjalanan anda bisa berhenti sejenak di Pantai Pulau Manuk untuk menikmati keindahannya. Pulau Manuk meruapakan Pantai yang kelilingin hutan tropis yang  memberikan kesegaran udara. Dan yang paling utama adalah Sunset di Panti Pulo Manuk yang sangat Indah, wajib dinikmati.

Setelah selesai di Pulau Manuk, dalam perjalanan menuju Pantai Sawarna kamu akan menjumpai hutan yang sangat lebat sepanjang jalan.
Selesai dari Pantai Karang Songsong, kamu juga bisa mengunjungi tempat – tempat indah lainnya yang ada di Sawarna, karena Sawarna mempunyai goa yang tebentuk secara alami. Beikut daftar Goa yang ada di Sawarna :

  • Goa Langir, Katanya sih goa ini pernah menjadi tempat istirahat Pasukan Jepang dulu.
  • Goa Harta Karun, menurut cerita yang beredar di gua ini dulu Jepang menyimpan banyak harta karun, namun sangat sulit untuk ditemukan hingga sekarang..
  • Goa Seribu Candi, di sebut seribu Candi karena banyak batu didalam goa yang memiliki bentuk seperti Candi, dan katanya goa ini sering digunakan untuk bersemedi.

Sawarna juga sangat cocok untuk kamu para pencita panjat tebing, karena disini banyak tebing yang menantang untuk di taklukkan. Ditambah tebing yang ada disini berhadapan langsung dengan patai yang sangat Indah, jadi ketika kamu sampai di puncak tebing bisa menikmati Indahnya Pantai Sawarna dari Ketinggian.

Dan ada satu lagi tempat yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Goa Lalay, melalui goa ini air mengalir menuju pesawahan Warga setempat. Dan kamu bisa mencoba masuk ke Goa.

Pokoknya kalau kamu belum pernah ke Sawarna harus coba kesini, dan untuk kamu yang Rindu dengan keindahan Sawarna ayo ke Sawarna lagi.

Source : aldena-oktavian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *